Rabu, 22 Desember 2010

Dibalik Kisah Puputan Badung..^_^

Tau puputan badung??
kayak lagu t-xxx...wkwkwkwkw..
penyon bersabda :
PUPUTAN Badung yang terjadi 99 tahun lalu, tepatnya 20 September 1906, masih menyisakan kenangan, terutama di kalangan keluarga Puri dan pewarisnya. Bicara soal Puputan Badung memang tidak lepas dari keberadaan dan kehidupan Puri di Denpasar. Satu di antaranya Puri Kesiman.


“Ida Batara meninggalkan satu saksi bisu berupa Puri Kesiman yang tetap eksis hingga kini,” ujar A.A. Ngurah Bagus Ariman (66) salah seorang penglingsir Puri Kesiman. Walaupun tidak terlibat langsung, tetapi lelaki pensiunan karyawan Hotel Bali Beach ini mengingat jelas apa yang dituturkan kakek-kakeknya ketika dia masih kecil.
“Tiga hari menjelang Puputan, Raja Kesiman meninggal karena dibunuh patih kepercayaannya,” katanya. Semestinya, Puri Kesiman yang hancur lebih dulu karena dilalui pasukan Belanda yang sedang menuju Puri Denpasar. Keadaan jadi kacau balau, karena sudah tidak ada rajanya, Puri kosong, semua lari ke Denpasar, memperkuat pasukan di Denpasar. Itulah sebabnya Puri Kesiman tidak hancur. “Mungkin memang sudah kehendak Ida Betara untuk meninggalkan satu saksi bisu, yaitu Puri Kesiman seperti yang kita bisa saksikan sampai saat ini”, tambahnya.
Penglingsir Puri Kesiman yang lain, Anak Agung Sagung Oka Dewi (90) mengaku mengenal cerita Puputan Badung dari ibunya, Anak Agung Sagung Ketut (alm), yang dulu tinggal di Puri Denpasar saat perang puputan terjadi. Saat itu, menurut Sagung Oka Dewi, ibunya baru berusia sekitar 7 tahunan. Masih diingatnya ketika ibunya bercerita bahwa sebelum Puputan Badung, digelar upacara ngaben untuk kakak Raja. Ketika anak-anak sedang bermain, terdengar tembakan meriam. Anak-anak berlari ketakutan, ada yang menangis ketakutan. Konon ibu dari Sagung Oka juga menangis karena takut. Ibu Raja Denpasar yang biasa dipanggilnya Anak Agung Ratu kemudian memerintahkan semua warga Puri Denpasar untuk bersiap-siap. Beliau memberikan perhiasan dan kain-kain yang indah serta mahal untuk dipakai. Kemudian semuanya diberikan kain putih, seperti hendak berupacara.
Saat Anak Agung Ratu memerintahkan untuk berperang menyongsong kematian, diperintahkan juga agar anak-anak yang ketakutan agar diungsikan ke Puri Kapal, Mengwi. Termasuk Anak Agung Sagung Ketut. “Tolong bawa anak-anak ini pergi, agar tangisnya tidak menghambat perjalanan kita,” perintah Anak Agung Ratu yang masih diingat Anak Agung Sagung Ketut dan kemudian pernah diceritakan kembali kepada putrinya.
Suaasana yang diceritakan Sagung Oka Dewi tersebut tak jauh beda dengan yang diuceritakan Dr. H.M. van Weede dalam tulisannya. Orang Belanda yang terlibat kangsung dalam perang Puputan Badung itu menulis: “Saat drama tersebut berlangsung, dengan bersenjatakan tombak dan keris terhunus, para raja dan pengikutnya berpakaian serba indah dalam warna merah atau hitam serta memakai selendang putih, terus bergerak maju sampai ajal menjemput. Ada juga yang menikam diri dan anak-anaknya dengan keris”. -ten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar